Kamis, 01 Mei 2008

media televisi pendidikan

Sebagai wujud perkembangan teknologi komunikasi, televisi saat ini menjadi salah satu media untuk memperoleh hiburan, informasi dan pendidikan. Sayangnya porsi hiburan saat ini masih mendominasi tayangan televisi kita, sementara porsi untuk informasi dan pendidikan masih sangat minim. Pada akhirnya masyarakat memperlakukan media televisi sebagai media hiburan semata.

Realita yang ada saat ini, tayangan televisi dewasa pada umumnya dikonsumsi masyarakat umum yang relatif sulit dibedakan sasaran pemirsanya berdasarkan usia. Tidak heran jika banyak tayangan yang disuguhkan tidak sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia salah satunya tayangan tindak kekerasan baik dalam bentuk aksi maupun lisan. Hal ini sangat rentan untuk ditiru khususnya anak-anak yang akhirnya akan membentuk kepribadian yang tidak sesuai dengan budaya kita.

Berangkat dari keprihatinan ini, Balai Pengembangan Media Televisi (BPMTV) Surabaya yang memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan model dan format sajian program pendidikan menyelenggarakan Festival Video Edukasi 2007. Dari festival ini diharapkan potensi – potensi terpendam yang ada di masyarakat dalam memproduksi tayangan yang mendidik dapat muncul ke permukaan.

Sumber : http://enewsletterdisdik.wordpress.com/2007/10/04/festifal-vidio-2007/

1 komentar:

Ananda Satria Mawan mengatakan...

dit, mana konten nya kok baru dua,,,

tambah lg dunk...